BAHASA TEKNIK VS BAHASA BENGKEL
BAHASA TEKNIK VS BAHASA BENGKEL
Banyak istilah2 teknik
yang digunakan dalam kehidupan sehari2, atau sering kita sebut “BAHASA
BENGKEL”. Berikut ini adalah nama2 komponen mesin dan “NAMA BENGKEL” nya.
Mudah2an berguna buat agan2 sekalian.
1. PISTON
![]()
Piston atau torak sering si sebut
juga Seher (Jerman dan
Belanda = Zuiger).
|
RING PISTON
![]()
Ring Piston atau sering di sebut Ring Seher adalah part yang terpasang pada
piston, berfungsi untuk mencegah kebocoran kompresi dan menahan oli naik ke
kepala silinder.
|
CONNECTING ROD
![]()
Connecting Rod sering di sebut Stang Seher. Connecting Rod adalah penghubung
antara piston dan poros engkol, yang berfungsi untuk mengubah gerakan bolak
balik piston menjadi gerak putar.
|
CRANKSHAFT
![]()
Crankshaft atau Poros Engkol sering di sebut Kruk As. Crankshaft berfungsi meneruskan daya yang di dapat dari piston ke
penggerak roda. Di sinilah putaran mesin terjadi.
|
BEARINGS
![]()
Bearings atau Bantalan sering di sebut Klaher (Jerman dan Belanda =Kugellager). Bearings berfungsi sebagai bantalan antara 2 poros yang berputar untuk
mengurangi gesekan sehingga poros dapat berputar secara halus.
|
BRAKE SHOE
![]()
Brake Shoe sering di sebut Kampas Rem, yang berfungsi untuk menahan
putaran roda sehingga terjadi pengereman.
|
TIMING CHAIN
![]()
Timing Chain sering di sebut Rantai Keteng. Timing Chain pada sepeda motor
berfungsi untuk memutar camshaft sehingga di dapat pembukaan dan penutupan
katup dengan waktu yang tepat sesuai putaran mesin dan langkah kerja mesin.
|
STEERING HEAD
![]()
Steering Head sering di sebut Komstir. Steering Head adalah rangkaian komponen kemudi yang terikat pada
chasis, tapi umumnya yang di sebut Komstir adalah hanya bagian bearingnya.
|
Adjustable Spanner

Adjustable Spanner atau Kunci
Inggris ditemukan oleh orang Swedia bernama Johan Petter Johansson
pada 1891. Kenapa disebut kunci inggris, mungkin yang bawa ke Indonesia pertama
kali orang inggris waktu penjajahan 

![]() Shock Absorber —–> Bahasa tekhnik Bahasa Bengkelnya Sok Beker / Skock Breker….. ![]() |
fender = spatbor gan….
|
![]() ini namanya Alternator, berfungsi untuk menghasilkan listrik/pembangkit listrik ketika mesin dihidupkan untuk disalurkan ke Accu ( Aki–> Bahasa bengkel juga ). Bahasa bengkel = Dinamo Ampere |
![]()
PALA BABI
alias KALIPER CAKRAM
knalpot kolong = under tail
ayam jago = hyper underbone korter: over bor montir = mekanik pindah tangan = over credit adu banteng = tabrakan ![]() tilang = 20rbu ![]() isilop, pokis = polisi ![]() |
![]() kick starter = selahan ![]() |
![]() Bahasa tekhnik = Spark Plug Bahasa Bengkel = Busi ![]() Fungsi : menghasilkan percikan bunga api saat proses pembakaran. ![]() Bahasa Tekhnik = Ignition Coil Bahasa Bengkel = Spul ![]() Fungsi = menaikkan tegangan (melalui induksi magnet) , dan hasilnya sekitar 30.000 Volt sampai 50.000 Volt ,Ujung kabelnya nancep ke Busi (spark plug) |
![]() Bahasa Teknik = Cam Shaft Bahasa Bengkel = poros kam ,noken As ( ada yang nyebut KamSaf juga ) Fungsi = Untuk mengatur Gerakan Valve ( gerakan membuka dan menutup) ![]() Bahasa Teknik = Valve ( Katup ) Bahasa Bengkel = Klep Fungsi = Mengatur keluar masuk Udara dan Bahan bakar kedalam dan keluar Silinder ![]() Bahasa Teknik = Rocker Arm ( Batang Penumbuk ) Bahasa Bengkel = Pelatuk –>Manuk-Manukan ( bahasa JawaManuk=Burung ,karena bentuknya seperti Burung yang mematuk-matuk ![]() Fungsi = Membuka dan menutup Valve(Klep)Dan kalau tiga2nya digabung, seperti ini Ilustrasi mekanisnya : ![]() |
Bahasa Teknik = FlywheelFungsi:
Flywheel atau roda gila sendiri punya fungsi meneruskan sekaligus menyimpan
energi dari Crank Shaft (kruk as) saat mesin hidup hingga tenaga mesin dapat
tersalurkan ke roda melalui gearbox. Bobot dari flywheel ini juga mampu untuk
menahan perubahan kecepatan yang drastis sehingga gerak putaran poros mesin
menjadi halus.
![]() |
disc brake = piringanhead lamp =
batok lampuexhaust pipe = knalpotfairing = tebeng
|
Quote:
kanvas rem = pirodo (pdhal pirodo
itu nm merek)
Diferensial = gardan Regulator Rectifier = kiprok accumulator = aki magnetic starter = bendik Lighting = lampu sen cover lampu (spd motor)= batok motor repair kit karburator = parkit karbu main jet/nedle jet (karburator) = spuyer |
![]() Bahasa Teknik = Fuse Bengkel = Sekring / Sikring ( asalnya bahasa Belanda = Zekering)Fungsi= sebagai (pengaman) pemutus hubungan arus listrik ketika melewati batas kapasitas ,sehingga komponen listrik terhindar dari kebakaran, biasanya ukurannya Ampere(10 A, 20 Amp, dst ) ![]() Horn = Klakson ![]() ![]() Intake Manifold = Leher Angsa / Gulu Banyak ( jawa ) ![]()
Sebagai saluran udara dan bahan
bakar dari Karburator menuju Silinder Kop
![]() |
![]() ![]() ![]() |
Muffler : klanpot
Fork : Shok depan Fuel tank : Tangki bensin Frame : Rangka motor Foot rest : Step depan Rear Arm : Lengan ayun Handle : setang Whels : Roda Rear fender : Spakbor belakang Main stand : Standar dua Side stand : standar samping Engine : mesin main switch : Kontak |
bahsa resmi :standar
bahsa bgkel :cagak (mgkin daerah ane aja)fungsi: buat nopang motor kalo lagi markir |
![]() ![]() ![]() |

Bahasa teknik = Fuel pump
Bahasa bengkel = Pompa bensin / rotak
Ini cuma ada dipake di
motor injeksi (efi), kalo
mobil semuanya pake gan soalnya kan tangki bahan bakar mobil ada di bawah jadi
kudu dipompa biar sampe ke mesin. Untuk motor atau mobil yg uda injeksi
(efi/electronic fuel injection) dipakein giniian karena ada fungsi lainnya
bukan cuma buat nyedot bahan bakar dari tangki ke mesin aja gan, tapi buat
memberi tekanan bahan bakar yang besar agar bisa diinjeksikan (dikabutin /
fungsinya sama kaya karburator).
Quote:
1. PISTON

Piston atau torak sering
si sebut juga Seher (Jerman
dan Belanda = Zuiger
Posting Komentar