BELAJAR DAN MENGENAL FUNGSI DAN KOMPONEN ATAU BAGIAN MESIN KENDARAAN BERMOTOR,
BELAJAR DAN MENGENAL FUNGSI DAN KOMPONEN ATAU BAGIAN MESIN KENDARAAN BERMOTOR,
BELAJAR DAN MENGENAL FUNGSI DAN
KOMPONEN ATAU BAGIAN MESIN KENDARAAN BERMOTOR,(wah judule ribet)
Mungkin judulnya bisa diringkas
aja menjadi fungsi dan parts mesin
kendaraan bermotor.
Kendaraan bermotor saat ini
memang sudah sangat lekat dengan kehidupan kita, tanpanya, mobilitas dan
aktivitas kita tidak akan berjalan lancar. Oleh karenanya kita sangat perlu
untuk memahami kendaraan kita agar mereka selalu dalam kondisi siap ketika akan
kita pergunakan. Dan mari bersama kita belajar cara kerja mesin kendaraan
bermotor supaya kita tau gimana sih cara kerjanipun, kepriwe kepriben supaya
mesin awet dan kepiye melakukan tindakan perbaikan. Mari kita belajar bersama
dan saling melengkapi dan membenarkan jika ada yang kurang tepat.
Mesin kendaraan bermotor secara
garis besar dapat diklasifikasikan menjadi dua macam (memang sekarang ada mesin pake motor
listrik tapi belum akan dibahas disini). Yaitu mesin
4 tak atau
disebut 4 langkah atau 4 stroke dan mesin 2 tak atau mesin 2 langkah atau mesin 2
stroke. Yang akan dibahas disini cuman mesin2 berbahan bakar minyak alias BBM
mohon maklum. Nah sebelum belajar cara kerjanya, alangkah baiknya kalo mengenal
dulu bagian2 mesin (alon2 waton kelakon). Kiye tiliki bae gambare:
Itu gambar berdasarkan istilah
orang2 bule, nek diterjemahin ke bahasa Indonesa, lain lagi, tar di masing2
daerah bisa lain lagi namanya. Ini istilah umum di Indonesia aja, sekalian
fungsinya:
A. Katup atau klep
masuk/hisap. Itu ada per dan pelatuknya (rocker
arm).
Buat ngatur buka tutupnya saluran hisap (C). Pelatuk bwt menekan katup supaya membuka dan pernya supaya katup kembali ke posisi awal.
Buat ngatur buka tutupnya saluran hisap (C). Pelatuk bwt menekan katup supaya membuka dan pernya supaya katup kembali ke posisi awal.
B. Penutup klep ya bisa juga
disebut engine
cover atau
penutup mesin biar rapi lah.
C. Saluran hisap.
Ini saluran untuk memasukkan
campuran udara dan bahan bakar. Waktunya diatur oleh klep masukan pada butir A.
(KAYA UUD AJA)
D. Blok silinder ya blok
silinder.
E. Pendingin silinder,
bisa cairan (radiator) atau kisi2 (sirip2).
Asalkan Anda tau, mesin itu suangat puwanas karena di dalamnya memang dilakukan pembakaran BBM untuk menghasilkan daya, semakin panas, efisiensi mesin akan turun dan membuat komponen mesin melar, jadi nggak presisi dan nek overheat jg bs merusak mesin. So wajib dikasih pendingin dah tuh mesin.
Asalkan Anda tau, mesin itu suangat puwanas karena di dalamnya memang dilakukan pembakaran BBM untuk menghasilkan daya, semakin panas, efisiensi mesin akan turun dan membuat komponen mesin melar, jadi nggak presisi dan nek overheat jg bs merusak mesin. So wajib dikasih pendingin dah tuh mesin.
F. Blok mesin ya blok
mesin.
G. Wadah oli.
Jadi klo kita nuang oli dari
lubang masukan oli mesin, ditampungnya di sini.
H. Genangan oli.
Genangannya tergantung seberapa
banyak kita nuang oli ke mesin bisa 800mL , 1L, 4L dLL
I. As/poros kam atau noken
as kata orang2 bengkel.
Ini buat ngatur timming si klep masuk(A) dan klep
buang(J), kapan mereka harus membuka atau menutub. Pada mesin ada dua macem camshaft,
yaitu:
SOHC (single overhead camshaft)
jadi camshaft cuman atu aja di dalem mesin dan
tongolannya (dalam 1 silinder, rocker arm yang terpasang di camshaft ada dua, buat melatuk klep masuk dan
buang) SOHC kaya terlihat di gambar 1.
DOHC (dual
apa dobel,lupa overhead camshaft)
nah ini berarti ada dua batang camshaft di dalem mesin (masing2 camshaft cuman mengurusi 1 klep aja, klep masuk
atau buang, jadi tongolan (dalam 1 silinder , rocker arm nya tetep dua, tapi satu nempel di camshaft yang ngurusin klep masuk, satu lagi nempel
di camshaft yang ngurusin klep buang). Contoh
mesin DOHC di gambar no 2 di bawah ntar.
Ni ada animasi camshaft yang sedang berputar menggerakkan rocker
arm dan rocker
arm tersebut memicu
katup in dan out supaya membuka dan menutup.


J. Katup atau klep buang
atau keluar. Itu ada per dan pelatuknya (rocker
arm) juga.
Buat ngatur buka tutupnya saluran buang (L). Pelatuk bwt menekan katup supaya membuka dan pernya supaya katup kembali ke posisi awal.
Buat ngatur buka tutupnya saluran buang (L). Pelatuk bwt menekan katup supaya membuka dan pernya supaya katup kembali ke posisi awal.
K. Busi, buat
memercikkan atau menghasilkan api supaya campuran udara dan BBM terbakar,
meledak dan mendorong piston untuk melakukan langkah usaha.
L. Saluran buang.
Ini saluran untuk “NGELUARIN”
(knapa harus tanda kutip?):p hasil pembakaran campuran udara dan bahan bakar
tadi. Waktunya diatur oleh klep keluaran pada butir J. (KAYA UUD LAGI)
M. Piston atau orang
nyebut seher, seker torak semua sama, padha bae sami mawon.
Fungsinya untuk…
Fungsinya untuk…
Fungsinya ya untuk membuat
gerakan naik turun (hush jgn ngeres!).
Nek turun membuat silinder vakum, jadi campuran udara dan BBM masuk ke silinder lewat saluran hisap (tentu disertai pembukaan klep masuk dan si klep buang ditutup. Ini disebut langkah hisap.
Nek turun membuat silinder vakum, jadi campuran udara dan BBM masuk ke silinder lewat saluran hisap (tentu disertai pembukaan klep masuk dan si klep buang ditutup. Ini disebut langkah hisap.
Trus piston naik lagi menekan
campuran udara dan BBM tadi, tekanannya jadi sangat tinggi dan sangat mudah
terbakar… Ini disebut langkah
kompresi, kedua klep kondisinya menutup kedua saluran.
Trus saatnya pembakaran, kedua
klep kondisinya masih menutup kedua saluran. Dan sekarang saatnya busi meletikkan
api dan… dhuwar… piston tertekan ke bawah lagi sekaligus melakukan usaha,
makanya ini disebut langkah usaha.
Trus gerakan terakhir piston
naik lagi, sisa2 pembakaran didorong keluar melalui saluran buang, otomatis
klep buang terbuka dan klep masuk ditutup. Ini disebut langkah
buang.
La trus silinder tu
sbnrnya apaan? Silinder
ya ruangan jalur naik turunnya piston. Ruangan vakum di atas piston, (ketika
piston sedang turun) sering disebut ruang bakar. Ruang bakar juga merupakan
bagian dari silinder.
N. Stang seher begitu
orang bengkel sering bilang. Ini gunanya untuk,,,aduhh,,, :p
Buat meneruskan gerakan linier dari piston (naik turun) supaya bisa jadi gerakan memutar dicrankshaft (P).
Buat meneruskan gerakan linier dari piston (naik turun) supaya bisa jadi gerakan memutar dicrankshaft (P).
O. Titik pertemuan antara stang
seher dengan crankpin bagian dari crankshaft atau kruk as.
P. Kruk as ini
buat nerusin gerakan dari piston, kruk as itu panjang. Disepanjang kruk as
terpasangcrankpin (hubungan dg stang seher) dan ada juga flywheel atau roda gila, dia berfungsi mengisi
daya ketika piston sedang enggak melakukan langkah usaha. Berarti
yang mengisi daya ketika langkah hisap,buang maupun kompresi adalah si flywheel
ini.
Ini ada animasi lagi, crankshaft berwarna merah, silinder biru, piston abu2, dan flywheel item.

Ini ada animasi lagi, crankshaft berwarna merah, silinder biru, piston abu2, dan flywheel item.

Ini ada gambar lagi, 3 dimensi
bro…tu disitu keliatan camshaftnya dua karena ini mesin DOHC
Ni lo gerakan mesin 4 tak…
Ni lo gerakan mesin 2
tak……………………………………………………………………….
Posting Komentar